Home » , , , » Analisa tentang kerusakan IC lampu di berbagai hp dan android

Analisa tentang kerusakan IC lampu di berbagai hp dan android

Posted by Dunia Ponsel on Thursday, March 22, 2018

Banyak hal kerusakan terutama di android yang mati total (matot),dan salah satu penyebab nya adalah IC lampu,kenapa IC lampu termasuk kerusakan yang bisa membuat hp jadi matot.?
Disini ane mau coba share sebagian pengalaman yang ane dapat sewaktu masih berkecimpung di dunia teknisi.
Poin pertama adalah IC lampu punya arus atau tegangan yang bersumber langsung dari Vbat atau batre,jadi jelas dong yah apa yang terjadi jika arus yang berasal dari batre itu terjadi koslet/short,hp pasti jadi mati seminim-minim nya ada lah yang nyala tapi dengan kondisi layar yang padam atau hanya bisa mendengarkan suaranya saja ketika ada sms atau misscall yang masuk.
Sekarang kita bahas solusinya,bagi para teknisi ini sudah tidak asing tentunya perhatikan gambar di bawah itu salah satu contoh bentuk dan posisi IC lampu yang rata-rata di pake hampir di kebanyakan mesin hp/android.


Disitu ada 3 titik yang membantu kinerja atau asupan cahaya ke dalam LCD atau layar hp,
*IC lampu itu sendiri
*COIL/bisa juga di sebut OTE
*DIODE output yang mengarah langsung ke lampu V+ bagian LCD.
Berapakah tegangan normal yang di butuh kan untuk cahaya LCD kita?tentu tidak sama walaupun bentuk dan ukuran IC nya sama tapi yang ane tau hampir rata-rata daya yang di butuhkan sekitar 20+ volt bahkan lebih.
Ini diluar kapasitas batre bukan?sementara voltase batre umumnya hanya 3,7/4volt.
Itulah fungsi IC yang mampu memperbesar aliran atau arus yang di butuh kan untuk cahaya LCD di hp kita...
Perlu di ingat jika anda seorang teknisi dan ingin memperdalam semua fungsi dari mesin hp,biasakan untuk mengukur terlebih dahulu sebelum eksekusi,beri tegangan dan ukur setiap tegangan yang di butuh kan.
Karna banyak yang share tentang kasus seperti ini dengan asumsi yang menurut mereka itu sudah benar,ada ko tegangan 3.7 tetap saja yang di butuh kan itu tidak sesui dan tidak akan ada hasil,coba lebih teliti dari pada banyak membuang waktu...
Semoga tulisan ini jadi tambah pengetahuan untuk anda yang sudah mampir dan kalau ada yang kurang tentang pembahasan ini,silahkan isi di kolom komentar...

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Dunia Ponsel

0 komentar:

Post a Comment